Sekda Zulfinasran saat audiensi bersama Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Senin (1/8/2022). Foto : Prokopim

Kabupaten Parigi Moutong terpilih menjadi tuan rumah iven nasional Hari Pangan Sedunia (HPS) 2022. Hal itu diputuskan dalam rapat audiensi pemda Parigi Moutong bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan dan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Tim audiensi Parigi Moutong yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Zulfinasran SSTP MAP disambut hangat oleh Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Perkebunan, Heru Tri Widarto SSi MSc, di ruang rapat Gedung C Kementan RI, Senin (1/8/2022).

Dalam audiensi itu, Dedy Aminata selaku Kepala Sub Koordinator Pengembangan Kawasan Tanaman Tahunan Ditjen Perkebunan mengatakan ia selaku tim yang ditugaskan untuk melakukan survey kesiapan calon tuan rumah HPS di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dari 3 Kabupaten yang menjadi calon tuan rumah, Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong. Dedy menyebut Kabupaten Parigi Moutong yang benar-benar siap. Menurutnya, Kabupaten Donggala menyatakan mundur, sedangkan Kabupaten Sigi belum menindaklanjuti hasil survey yang dilakukan tim yang ia pimpin.

“Dari Kabupaten Donggala kepala dinasnya sudah langsung menyatakan bahwa mereka tidak siap untuk ditunjuk sebagai tuan rumah HPS tahun 2022. Dari Kabupaten Sigi, dari hari Senin (pekan lalu) kami mengontak tidak ada respon,” terangnya di dalam forum audiensi.

“Sampai saat ini belum ada tindaklanjutnya dari Kabupaten Sigi,” tambahnya.

Faktor lain yang mempengaruhi gugurnya Kabupaten Sigi sebagai tuan rumah ialah jalur akses transportasi darat dari ibu kota Provinsi Sulteng Kota Palu ke lokasi kegiatan yang dinilai belum siap.

“Terkait dengan lokasi menuju Kabupaten Sigi itu sendiri ada satu jembatan yang putus akibat tsunami yang sampai saat ini belum selesai dibangun,” ucapnya.
Sedangkan untuk Kabupaten Parigi Moutong, Dedy Aminata menjelaskan bahwa apa yang telah dipaparkan oleh Sekda Zulfinasran dalam audiensi sesuai bahkan terperinci dengan situasi pada saat ia hadir melakukan survey beberapa waktu lalu.

“Dari apa yang kami lihat, sesuai dengan apa uang disampaikan oleh pak Sekda,” katanya.

Sementara itu, Sesditjen Pertanian Heru Tri Widarto menyampaikan bahwa dari persiapan berkaitan hal teknis pelaksanaan HPS ke-42 di Parigi Moutong yang disampaikan Sekda Zulfinasran sudah cukup menggambarkan kesiapan sebagai tuan rumah.

“Dari paparan yang disampaikan pak sekda itu persiapannya sudah jelas,” sebutnya.

Sekda Zulfinasran juga mengkonfirmasi hal tersebut, bahkan dia membeberkan terkait pelaksanaan HPS 2022 mulai dari persiapan teknis di lokasi acara, susunan acara, SK pelaksanaan hingga penganggarannya akan dibahas dalam pertemuan selanjutnya bersama dengan pejabat Kementan lainnya dan akan menghadirkan Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemkab Kabupaten Parigi Moutong.

“Terkait persiapan pelaksanaan hari puncak kegiatan, termasuk tema kegiatan, rundown dan hal-hal teknis lainnya akan dibahas dalam rapat yang akan diagendakan kembali oleh Ditjen Perkebunan dalam waktu dekat,” tulisnya dalam laman facebook pribadinya.

Untuk diketahui, acara puncak HPS 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2022, bertempat di Pantai Mosing Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Tim Dokumentasi Prokopim Setda Parigi Moutong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here